Manajemen Bankroll (BRM) untuk SNG, MTT, dan DON

Tabel yang menunjukkan kemungkinan penurunan poker (SNG)

Dalam artikel ini, kami menjelaskan prinsip-prinsip manajemen bankroll (BRM) untuk turnamen poker (turnamen Sit and Go’s, Double or Nothing dan multi-tabel) dan menunjukkan betapa pentingnya kepatuhan terhadap BRM untuk menghindari “bangkrut”. Untuk memahami artikel strategi ini, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan ROI (Return on Investment).

Pengantar Manajemen Bankroll untuk Pemain Poker

Bankroll adalah jumlah uang,

yang Anda miliki di akun pemain dari berbagai kamar poker online (jika Anda bermain di beberapa kamar, Anda dapat menambahkan jumlahnya) dan yang Anda miliki di akun Anda di layanan pembayaran online seperti Skrill / Moneybookers atau Neteller, yang hanya ingin Anda gunakan untuk bermain poker online

Secara teoritis, Anda juga dapat menambahkan uang yang telah Anda tarik dari keuntungan yang dicapai di masa lalu atau uang yang tidak Anda butuhkan secara langsung untuk hidup. Tapi ini akan bertentangan dengan prinsip memisahkan uang poker dari uang yang Anda butuhkan untuk hidup Anda.

Manajemen Bankroll Diperlukan

Pemain turnamen yang ambisius harus melihat uangnya melalui mata seorang pengusaha: Ini adalah modal yang Anda investasikan dalam bisnis Anda (turnamen poker). Dan untuk modal ini, Anda mengharapkan pengembalian investasi (ROI) tertentu untuk waktu yang dihabiskan dan risiko yang diambil. Jika Anda tidak memiliki modal (bankroll) lagi, maka Anda bangkrut dan perusahaan harus dilikuidasi (Anda harus mencari hobi baru). Pengusaha yang cerdas hanya akan menginvestasikan sejumlah kecil modalnya ke dalam transaksi individu, untuk menghindari risiko konsentrasi, yang dapat membahayakan kelangsungan hidup perusahaannya.

Dan dengan cara yang persis sama Anda harus berpikir sebagai pemain poker: “Berapa persentase uang saya yang dapat saya investasikan dalam turnamen poker, tanpa mengambil risiko akhirnya bangkrut?”. Dan inilah yang dipahami dengan berbicara tentang manajemen bankroll poker online (BRM). Oleh karena itu, BRM merupakan langkah untuk menjaga agar risiko bangkrut tetap kecil.

Pengembalian Investasi (ROI) Aktual dan yang Diharapkan

Ketika berbicara tentang ROI, kita harus membedakan antara dua ukuran: ROI yang sebenarnya adalah ROI, yang dapat ditentukan untuk jangka waktu tertentu atau sejumlah game yang dimainkan di masa lalu. ROI yang diharapkan adalah ROI yang harus dicapai dengan ukuran sampel yang sangat besar. Nilai ini hipotetis, karena tidak ada yang bisa memainkan 100.000 SnG dalam waktu yang sangat singkat tanpa perubahan persamaan, seperti perubahan kualitas lawan atau perubahan cara bermain sendiri. Tapi setidaknya, berikut ini benar: semakin banyak turnamen yang Anda mainkan, semakin dekat ROI Anda yang sebenarnya dengan ROI yang diharapkan.

Dampak ROI pada Manajemen Bankroll

BRM adalah tentang memastikan tidak bangkrut. Oleh karena itu, ROI yang diharapkan dari seorang pemain harus positif; jika tidak, pemain cepat atau lambat akan bangkrut. Semakin tinggi pengembalian investasi yang diharapkan dari seorang pemain, semakin rendah kemungkinan kerugian totalnya. Seorang pemain yang hanya mencapai 1% ROI dalam jangka panjang harus memiliki bankroll yang jauh lebih besar yang tersedia sebagai pemain dengan 20% ROI yang diharapkan. Ini harus jelas: Seorang pemain biasa-biasa saja akan lebih sering mengalami downswing yang lama daripada pemain poker profesional yang biasanya menghancurkan pesaingnya.

Rekomendasi kami untuk manajemen bankroll ditujukan untuk pemain yang mengalahkan level buy-in saat ini di mana mereka bermain, yang berarti bahwa mereka memiliki ROI yang diharapkan sebesar 5-10%. Pemain yang berpikir mereka memiliki ROI yang lebih tinggi dapat bekerja dengan persyaratan bankroll yang lebih kecil. Pemain yang berpikir bahwa mereka tidak mencapai ROI 5% harus bermain dengan bankroll yang lebih besar dari yang direkomendasikan dalam tabel kami di bawah ini.

Berbagai Turnamen dan Pengaruhnya terhadap Manajemen Bankroll

Jenis turnamen juga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap BRM. Aturan praktisnya adalah bahwa semakin datar struktur pembayaran dan semakin besar proporsi tempat berbayar, semakin rendah bankroll yang diperlukan untuk pembelian tertentu. Seseorang yang bermain Heads-Up (HU) SNG atau Double or Nothing Tournaments (DON) dapat bermain dengan bankroll yang jauh lebih kecil daripada seseorang yang bermain turnamen multi-tabel dengan 500 pemain atau lebih. Dalam DON, rata-rata pemain mendapatkan uang setiap pertandingan kedua. Dalam MTT, pemain rata-rata hanya mendapatkan uang sekali setiap sepuluh turnamen, dan kemungkinan memenangkan sejumlah besar uang di meja final mungkin 2%.

Pengaruh Ukuran Sampel pada Manajemen Bankroll

Ukuran sampel adalah faktor penting lain dari manajemen bankroll: Semakin banyak game yang Anda mainkan, semakin besar kemungkinan bangkrut. Jika Anda bermain dengan manajemen bankroll 30 buy-in, maka peluang untuk bangkrut di 10 turnamen adalah 0%, hanya karena Anda akan memiliki dua pertiga dari uang Anda yang tersisa bahkan dalam kasus terburuk. Tetapi jika Anda memainkan 2000 game dengan BRM seperti itu dan dengan ROI yang diharapkan sebesar 5%, maka ada peluang 97,2% untuk mengalami setidaknya pada downswing 30 buy-in ore more:

Tabel yang menunjukkan kemungkinan penurunan poker (SNG)

Tabel di atas menunjukkan seberapa tinggi risiko downswing di SNG. Jadi jika Anda hanya menggunakan bankroll minimum yang diperlukan 30 buy-in dan jika Anda menguangkan setiap dolar di atas persyaratan ini, maka Anda hampir pasti harus bergerak ke bawah dalam batas hanya karena serangkaian nasib buruk.

Variasi Manajemen Bankroll

Tidak hanya ada satu aturan BRM tunggal. Itu tergantung pada seberapa besar risiko yang bersedia Anda ambil. Kedua ekstrem adalah strategi yang sangat konservatif versus strategi yang sangat agresif.

Bergantung pada strategi pilihan, Anda dapat bermain pada level tertentu dengan bankroll yang terdiri dari banyak pembelian (strategi konservatif) atau dengan sedikit atau tanpa pembelian sebagai cadangan (strategi agresif). Seorang pemain poker profesional yang mencari nafkah dari bermain turnamen harus memiliki strategi yang jauh lebih konservatif daripada pemain rekreasi yang bermain poker hanya karena kesenangan. Kami sekarang menjelaskan pro dan kontra dari kedua strategi.

BRM – Strategi Konservatif

Manfaat

itu mengurangi kemungkinan harus bergerak ke bawah batas downswings memukul kurang keras karena mereka hanya mempengaruhi sebagian kecil dari bankroll. Ini juga mengurangi tekanan psikologis yang harus dimainkan pemain lebih lama pada level pembelian tertentu. Jadi orang dapat mengatakan dengan lebih pasti bahwa dia benar-benar menghancurkan batas itu karena memainkan lebih banyak game dengan pembelian yang sama, Anda mengenal lawan Anda lebih baik dan meningkatkan ROI Anda.

Kekurangan

dibutuhkan lebih banyak waktu untuk naik batas. Seorang pemain yang kuat karena itu tidak memaksimalkan keuntungannya, Anda harus menunggu lebih lama untuk melihat kemajuan Anda (diukur dari level pembelian yang Anda mainkan)

BRM – Strategi Agresif

Manfaat

sebagai pemain yang baik, Anda naik batas lebih cepat dan karena itu meningkatkan keuntungan Anda naik dengan cepat memotivasi

Kekurangan

harus menurunkan batas bisa sangat membuat frustrasi penurunan, bahkan jika itu hanya 20 pembelian, dapat memotong bankroll hingga 50 persen ada risiko bahwa Anda tidak menurunkan batas waktu, mungkin kehilangan sebagian besar dari uang Anda di downswing bergerak terlalu cepat dapat menyebabkan pemain untuk duduk di “uang takut” dan karena itu tidak bermain secara optimal (ketakutan bukanlah sifat yang baik di meja poker)

Rekomendasi Manajemen Bankroll

Setiap pemain harus memutuskan sendiri manajemen bankroll apa yang ingin dia gunakan. Faktor keputusan utama harus kesediaannya untuk mengambil risiko.

Berdasarkan simulasi matematika dan data empiris, kami telah menyusun tabel berikut. Di tabel itu, Anda dapat melihat berapa banyak pembelian yang diperlukan untuk berbagai jenis turnamen Texas Hold’em dan untuk berbagai tingkat risiko yang ingin Anda ambil.

Rekomendasi Manajemen Bankroll untuk SNG, DON dan MTT

Di kolom Anda melihat varian turnamen Sit and Go, Double or Nothing (DON), Heads-up SNG, SNG 18- dan 45 pria, dan Turnamen Multi Tabel (MTT, turnamen dengan 100 pemain atau lebih).

Jika Anda ingin mengejar BRM yang agresif, maka untuk Sit and Go’s (SNG) 50 buy-in dan Double or Nothing (DoN) 30 buy-in adalah persyaratan bankroll minimum. Jadi jika Anda memiliki $ 1.200 yang tersedia, maka Anda dapat memainkan 22$ SNG (54 buy-in) atau 33$ DON (36 buy-in). Jika Anda mengalami downswing dan uang Anda berkurang menjadi kurang dari $550, maka Anda harus turun dari SNG $22 ke SNG $11 karena Anda hanya memiliki 50 buy-in yang tersisa untuk batas bawah itu.

Dapatkan Alat BRM Gratis kami sekarang

Cara mudah untuk langsung melihat buy-in mana yang dapat Anda mainkan dengan bankroll tertentu dan dengan manajemen risiko tertentu adalah dengan mengunduh dan menggunakan tabel di bawah ini, yang merupakan spreadsheet Excel sederhana dan kecil. Cukup masukkan manajemen bankroll Anda (dalam pembelian) di bidang yang sesuai dan tabel akan dibuat secara otomatis untuk Anda.

Tabel: Kapan harus naik atau turun batas di turnamen poker

Dalam contoh di atas dengan manajemen bankroll 50 buy-in dan dengan bankroll $1000, Anda dapat memainkan turnamen $11. Setelah Anda memiliki lebih dari $ 1.100, Anda dapat naik ke turnamen $ 22 dan naik lebih jauh ke turnamen $ 33 segera setelah Anda memiliki $ 1650 atau lebih. Jika Anda berjalan buruk, uang Anda turun menjadi $ 550 atau kurang, maka Anda harus pindah ke permainan $ 11 lagi, karena Anda hanya memiliki 50 pembelian tersisa untuk batas itu. Saat naik ke turnamen $ 22, Anda memiliki 25 pembelian sebagai cadangan sebelum Anda harus turun lagi.

Ringkasan

Dalam artikel ini Anda telah belajar bahwa berpegang teguh pada manajemen bankroll yang tepat sangat penting untuk menghindari kehilangan uang Anda. Kami juga telah menunjukkan kepada Anda bahwa semakin baik seorang pemain, semakin agresif BRM-nya. Kemudian kami juga telah menentukan bahwa varian turnamen yang Anda mainkan adalah pendorong penting BRM lainnya: Di DON, di mana separuh pemain dapat menggandakan buy-in mereka, diperlukan bankroll yang lebih kecil daripada saat bermain SNG atau bahkan turnamen multi tabel. Akhirnya, kami telah menunjukkan kepada Anda pro dan kontra dari BRM yang konservatif dan agresif.

Berapa banyak pembelian yang ingin Anda miliki saat memainkan batas tertentu adalah keputusan Anda. Tetapi sangat penting bagi Anda untuk tetap berpegang pada aturan manajemen bankroll Anda untuk menghindari bangkrut.