Probabilitas Poker: Menghitung Odds dan Rule of Thumb

Pasti Anda sudah pernah mendengar istilah “out” dalam kaitannya dengan bermain poker. Tapi apa artinya “Keluar”? Prinsip out cukup sederhana. Kartu apa pun yang membantu Anda membentuk tangan yang menang disebut kartu keluar.

Biasanya, kita berbicara tentang out setelah kegagalan. Setelah gagal, sangat mudah untuk menghitung dengan tepat probabilitas untuk menang. Dan menggunakan aturan praktis yang sederhana, bahkan lebih mudah untuk menghitung probabilitas untuk memenangkan tangan. Mari kita lihat tiga contoh.

Contoh Keluaran 1: Gambar Lurus pada Belokan

Misalkan kartu hole Anda adalah 9 dan 8 hati. Di papan adalah ace, sepuluh, tujuh dan tiga dalam warna yang berbeda. Jack atau enam akan membantu Anda membuat straight, yang kemungkinan besar akan menjadi tangan yang menang. Berapa banyak yang Anda miliki?
Jawabannya adalah delapan. Empat jack dan empat enam termasuk di antara kartu yang tidak diketahui. Probabilitas bahwa salah satu dari delapan kartu akan ditampilkan di sungai dapat dihitung dengan mudah. 46 kartu yang tidak diketahui tetap ada dalam permainan: dari 52 kartu, dua adalah kartu hole Anda dan empat di antaranya ada di papan. Tentu saja, pemain lain juga memegang kartu di tangan mereka, dan beberapa kartu ada di “kotoran”. Tetapi karena Anda tidak mengetahui kartu-kartu ini, Anda harus mempertimbangkan kartu-kartu ini juga untuk perhitungan ini. Jadi Anda memiliki 8 out dari total 46 kartu. Oleh karena itu, peluang Anda akan lurus di sungai adalah 8/46 = 17,4%.

Contoh Keluaran 2: Dua Pasang di Putaran

Misalkan Anda memegang ace-raja hati. Di papan adalah kartu as, raja, tujuh dan empat, semuanya dalam sekop. Kemungkinannya tinggi bahwa dengan dua pasangan teratas Anda, Anda berbaring di belakang lawan yang sudah memiliki flush. Satu-satunya hal yang dapat membantu Anda memenangkan tangan ini adalah rumah penuh. Berapa banyak yang Anda miliki?
Jawabannya adalah empat. Setiap ace atau raja berlian atau klub akan membuat Anda menjadi rumah yang lengkap. Persentase kemenangan Anda adalah 4/46 = 8,7%.

Contoh Keluaran 3: Undian Lurus dan Siram Terbuka di Flop

Sebagai contoh terakhir; mari kita lihat salah satu situasi paling menjanjikan untuk meningkatkan tangan Anda. Misalkan Anda memegang raja dan ratu hati. Kegagalan menunjukkan jack dan sepuluh di hati, dan tiga di sekop. Setiap ace atau sembilan membantu Anda menyelesaikan straight Anda. Dan setiap hati akan membuat Anda menjadi raja-tinggi flush, kemungkinan tangan yang menang. Berapa banyak out untuk giliran yang Anda miliki?
Jawabannya adalah lima belas. Delapan kartu membantu Anda membuat straight dan sembilan kartu akan membuat Anda flush. Ini menambahkan hingga 17, Anda mungkin berpikir sekarang. Tetapi Anda harus mempertimbangkan bahwa Anda dapat menghitung setiap kartu hanya sekali. Delapan kartu yang melengkapi straight Anda sudah termasuk as dan sembilan hati. Dengan demikian, hanya tujuh kartu lagi yang akan membantu Anda menyelesaikan flush Anda. Oleh karena itu, peluang Anda untuk membentuk tangan yang menang pada giliran adalah 15/47 = 31,9%.
Untuk pemain poker tingkat lanjut: berapa probabilitas membuat tangan yang menang dari flop ke sungai (lurus atau flush) dalam situasi di atas? Pertanyaan ini penting ketika Anda harus memutuskan apakah akan memanggil all-in pada kegagalan atau melipat tangan Anda.
Jawabannya adalah 54,1%. Untuk menghitung probabilitas, pendekatan paling sederhana adalah menghitung probabilitas dari kejadian komplementer terlebih dahulu dan mengalikannya. Peluang untuk tidak membuat tangan yang menang pada giliran adalah 32/47 (32 dari 47 kartu tidak membantu Anda). Peluang untuk tidak membuat tangan yang menang di sungai adalah 31/46 (31 dari 46 kartu tidak membantu Anda). Anda cukup mengalikan dua peluang ini: 32/47 x 31/46 = 45,9%. Oleh karena itu, peluang untuk tidak membuat kartu terbaik di tikungan dan di sungai adalah 45,9%. Jadi peluang untuk membuat tangan yang menang adalah 100% – 45,9% = 54,1%. Ini berarti bahwa pada flop, memiliki straight terbuka dan draw flush, Anda dapat memanggil all-in terlepas dari peluang pot, karena Anda akan menang di lebih dari 50% kasus.

Tabel Probabilitas (Out, Flop to River, Turn to River)

Outs River Turn + River Contoh 1 2.2% 4.4% 2 4.3% 8.4% 3 6.5% 12.5% ​​4 8.7% 16.5% Gutshot Straight Draw (mis., AK dan JT) 5 10.9% 20.3% 6 13.0% 24.1% Dua Overcard (mis. , AK dengan 8-5-2 di papan papan) 7 15,2% 27,8% 8 17,4% 31,5% Draw Lurus Berakhir Terbuka (mis., 9-8-7-6) 9 19.6% 35.0% Flush Draw (mis., AK- 7-4 di hati) 10 21.7% 38.4% 11 23.9% 41.7% 12 26.1% 45.0% Flush plus Gutshot Lurus Draw 13 28.3% 48.1% 14 30.4% 51.2% 15 32.6% 54.1% Flush plus Straight Draw

Probabilitas Poker: Aturan Praktis

Pasti Anda tidak ingin menghafal tabel di atas. Dan bahkan ketika perhitungan probabilitas sederhana, Anda mungkin tidak ingin melakukan perhitungan seperti itu saat bermain langsung di meja poker. Kabar baiknya adalah bahwa ada aturan praktis yang terbukti dan sangat sederhana untuk menghitung probabilitas dalam permainan poker Texas Hold’em:

Keluar x 2 + 1 = probabilitas peningkatan dengan satu kartu

Keluar x 4 = probabilitas peningkatan dengan kartu giliran atau kartu sungai

Formula ini mewakili kenyataan lebih dari cukup dekat. Jika Anda memiliki undian lurus terbuka (8 out), maka aturan praktis untuk sungai akan memberi Anda persentase kemenangan sebesar 17% (2 x 8 + 1). Dihitung dengan tepat, probabilitasnya adalah 17,4%. Dalam situasi all-in di flop, aturan praktis memberi Anda peluang untuk menang sebesar 36% (4 x 9), dihitung persis 35%.

Kesimpulan Out dan Odds di Poker

Memperkirakan probabilitas dalam poker sangat sederhana. Anda hanya perlu menghitung jumlah out (kartu yang akan membantu Anda) dan menghitung probabilitas menang menggunakan aturan praktis di atas. Setiap pemain yang serius bermain poker setidaknya harus mengetahui dua aturan praktis itu. Jika artikel ini terdengar sulit untuk dipahami, Anda mungkin ingin mencetaknya dan membacanya lagi nanti untuk memahami subjek menghitung peluang dan menghitung probabilitas di poker Texas Hold’em dengan lebih baik.